Aryon Saputra Pembuat Surat Test Swab Palsu Diamankan Polsek Tangerang

  • Whatsapp
banner 468x60

WANMEDIA.co.id, KOTA TANGERANG – Polsek Tangerang Polres Metro Tangerang Kota mengamankan dua tersangka terkait kasus pemalsuan surat keterangan hasil tes rapid , swab antigen di Jalan Pasar Anyar Selatan No. 41 Rt 04/04 Kelurahan Sukaasih Kecamatan Tangerang Kota Tangerang. Pembuat surat swab palsu terancam dijerat hukuman 6 hingga 12 tahun penjara.

Dimana para tersangka dikenakan pasal tindak pidana pemalsuan dan atau pemalsuan surat keterangan dokter sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP dan atau pasal 268 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Berdasarkan Pasal 263 KUHP tidak hanya pembuat surat palsu yang dijerat hukuman, namun juga penggunanya.
Pasal 263 KUHP ayat 1 berbunyi: “Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, atau yang diperuntukkan sebagai bukti daripada sesuatu hal dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai surat tersebut seolah-olah isinya benar· dan tidak dipalsu, diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun”.

Ayat 2: “Diancam dengan pidana yang sama, barang siapa dengan sengaja memakai surat palsu atau yang dipalsukan seolah-olah sejati, jika pemakaian surat itu dapat menimbulkan kerugian.”

“Di dalam Pasal 263 kita terapkan semuanya ayat 1 yang membuat, ayat 2 yang menggunakan. Jadi yang membuat kena dan yang menyuruh melakukan kena, yang menggunakan surat palsu kena”.

Menurut keterangan Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim menjelaskan, Para tersangka yang diamankan berinisial, Sunipah (50) pemilik surat Test Swab palsu dan Aryon Saputra  pembuat surat keterangan Test Swsb palsu, Tutur Kompol Abdul Rachim.

Abdul Rachim menerangkan asal kejadian, dimana Sunipah diketahui baru pulang mudik dari Pekalongan Jawa Tengah dan sesuai dengan peraturan bagi warga Tangerang yang baru pulang Mudik di wajibkan untuk melakukan Test Swab.

Selaku petugas kelurahan Rendra Gunawan melaksanakan tugas menghubungi Sunipah untuk melaksanakan Test Swab, akan tetapi Sunipah menjelaskan bahwa diri sudah melakukan Test Swab Antigen dengan Hasil Negatif sambil memberikan poto Surat Hasil Rapid Test Antigen  yang dikeluarkan oleh Endermo Clinic, dimana setelah dicek surat keterangan Test Swab milik Sunipah ternyata palsu.
Berdasarkan keterangan dari Sunipah Surat tersebut didapatkan dari Aryon Sanputra, kata Kompol Abdul Rachim Kasubag humas Polres Metro Tangerang  melalui keterangan tulisan, Kamis (29/5/21).

Selanjutnya Kompol Abdul Rachim menerangkan, pembuat Surat Keterangan Test Swab palsu Aryon Saputra  berserta barang bukti dua lembar Surat Palsu , 2 (Dua) Unit Handphone dan 1 (Satu) Unit Laptop sementara diamankan di Polsek Tangerang Kota,sambil menunggu hasil penyidikan.(udin)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *