Camat Rajeg Bagikan Masker Kewarga

  • Whatsapp
banner 468x60

Wanmedia.co.id, KAB. TANGERANG
Camat Rajeg, H Ahmad Patoni membentuk gugus tugas percepatan penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19) tingkat Kelurahan, Desa sampai tingkat RW dan RT. Hal itu disampaikan Ahmad Patoni dalam rapat yang berlangsung di Halaman Kantor Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya pembentukan gugus tugas di tingkat kelurahan, desa sampai tingkat RW dan RT ini menjadi sangat penting untuk mengetahui data penyebaran virus Corona di wilayah Kecamatan Rajeg.

Kemudian melakukan penyampaian informasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kepada seluruh penduduk dengan mempergunakan berbagai saluran komunikasi yang tersedia diwilayah kelurahan atau desa masing-masing.

Mendorong kesiapan dan partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya kebersihan kebersihan personal dan kebersihan rumah sebagai bagian dari perwujudan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dan juga mendorong dan mengawasi masyarakat dalam melaksanakan pembatasan kontak fisik pada berbagai sarana yang ada seperti di tempat-tempat keramaian, pasar lokal/desa, tempat ibadah, sarana olah raga dan sarana rekreasi.

“Kita butuh data yang valid dan penanganan yang cepat, makanya harus ada gugus tugas di setiap kelurahan, desa, RW dan RT untuk membantu pemerintah untuk menangani wabah Corona ini,” katanya.

Menurutnya masyarakat yang pulang dari luar daerah apalagi dari zona merah penyebaran virus Corona harus dikarantina selama 14 hari di tempat yang layak dan diawasi oleh perangkat desa atau keluarga. “Masyarakat yang tercatat sebagai ODP harus dikarantina dan diawasi agar tidak berbaur dengan masyarakat lain untuk sementara waktu, jangan diasingkan, karena mereka yang berstatus ODP belum tentu positif,” ujarnya.

Ahmad Patoni menjelaskan, masyarakat yang ODP atau yang baru saja kembali dari daerah zona merah penyebaran Covid-19 agar dikarantina secara mandiri pada satu tempat.

“Kenapa mereka harus dikarantina mandiri pada satu tempat tertentu, tentu saja untuk memudahkan dalam pemantauannya dan penanganannya,
Virus bisa masuk lewat mana saja, dan akan menyebar jika masyarakat berkumpul,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Rajeg bersama Kapolsek Rajeg dan Danramil Rajeg, para kepala desa dan lurah membagi-bagikan masker ke setiap pengguna jalan yang melintas di lampu merah Jalan Raya Kukun, Sabtu (11/4/2020).

Selain membagi-bagikan masker, jajaran tiga pilar juga memberikan imbauan terhadap pengguna jalan agar tidak resah . “Diharapkan, agar masyarakat tidak resah dengan adanya wabah penyakit Vorona atau Covid-19, yang terpenting bagaimana masyarakat menjaga kesehatan dan berdiam di rumah, itu salah satu pencegahan virus corona,” ujar Camat Rajeg Ahmad Patoni. (dusman)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *