IKAS DAAR EL-QOLAM Gelar Seminar Kebangsaan Bertema “Peran Santri dan Umat Islam Terhadap NKRI”

  • Whatsapp
banner 468x60

Wanmedia.co.id, Kota Tangerang-Agustus adalah bulan kemerdekaan yang harus dirasakan oleh setiap warga negara di Indonesia, sebagai masyarakat yang cerdas dan sadar akan bernegara hendaknya untuk selalu merefleksikan mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia guna memperkuat cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Jika dilihat dari sejarahnya Indonesia merdeka tak bisa dilepaskan dari peran Santri dan ulama serta para masyarakat pejuang Indonesia lainnya.

Santri dan Umat Islam mereka juga disebut-sebut memiliki peranan yang sentral dalam menjaga keutuhan NKRI, hal inilah yang mendasari Organisasi Ikatan Keluarga Alumni Santri Daar El-Qolam (IKAS DARQO) Tangerang-Raya mengadakan seminar kebangsaan Secara Hybrid Offline di tempat Yayasan Lembaga Islam Tiara Aksara dan Online melalui aplikasi Zoom meeting dengan Tema “Peran Santri dan Umat Islam Terhadap NKRI”, Rabu (25/08/21).

Azhari Zaki Al-Qodri sebagai ketua IKAS Tangerang-Raya dalam sambutannya menjelaskan, terbentuknya acara Seminar Kebangsaan ini adalah untuk merefleksikan diri para alumni santri Daar El-Qolam untuk bisa menjaga keutuhan NKRI dan lebih memperkaya pemahaman mengenai sejarah dan perjuangan umat islam dahulu yang semngatnya harus bisa kita tiru pada saat sekarang ini.

“Sebagai alumni pondok pesantren terbesar di banten maka kita harus mampu menjadi pelita ditengah kegelapan umat dan bangsa, berjihad dengan Ilmu pengetahuan adalah keharusan yang harus di emban oleh setiap alumni Santri Daar El-Qolam supaya terciptanya negeri yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Gofur,” ucap Azhari.

Acara inipun dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren DAAR EL-QOLAM 2 KH. Oddy Rosihudin dalam sambutannya, beliau sangat senang karena IKAS Darqo Tangerang-Raya selalu konsisten untuk beramal jariah dalam mencerdasakan kehidupan masyarakat melalui seminar yang diadakan saat ini, karena hal ini adalah Amanah undang-undang kita.

“Sebagai Santri atau Alumni Daar El-Qolam maka hendaknya menjadikan MOTTO PONDOK dan PANCA JIWA PONDOK menjadi landasan perjuangan untuk mengabdikan diri dihadapan masyarakat, supaya mempu menularkan energi santri ke tengah Umat dan masyarakat Indonesia. Maka Alumni Santri Daar El-Qolam harus Berdiri di atas dan Untuk semua golongan,” jelasnya.

Setelah sambutan pimpinan pondok pesantren Daar El-Qolam acara dilanjutkan dengan sesi seminar yang dipandu oleh Adinda Yuriska alumni 2018, yang dimana seminar kali ini mengundang Kakanda H. Saiful Milah Alumni Daar El-Qolam Angkatan 1989 yang saat ini mendapat Amanah untuk menjadi Wakil Rakyat di DPRD Kota Tangerang dan Kakanda H.Tb. M. Ali Ridho Azhari alumni Daar El-Qolam Tahun 2008 yang saat ini diamahkan untuk menjadi Senator asal banten (DPD RI).

Dalam penjelasan materi pertama Kakanda H. Tb. M Ali Ridho menjelaskan “Kiprah santri sangat luar biasa. Santri memiliki bukti kontribusi. Jadi, santri juga bisa, hebat, kontribusi nyata ke bangsa dan negara, santri berkontribusi tetap membantu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama dengan jalur pengabdian di tengah-tengah masyarakat”.

Setelah selesai menyampaikan materinya Ali Ridho mengajak peserta yang hadir untuk bersholawat kepada Rosulullah SAW supaya mendapatkan safaatnya di Yaumul Akhir nanti.

Pemateri kedua dalam seminar kebangsaan ini adalah H. Saiful milah, yang saat menjelaskan materinya dengan sangat semangat karena kerinduannya hadir di tengah-tengah alumni Daar El-Qolam yang sangat amat di rinduinya. Dalam penjelasannya Saiful Milah menjelaskan, “sebagai Alumni Santri Pondok pesantren Daar El-Qolam hendaknya kita untuk tidak takut dan anti terhadap politik, karena sejak lahir kitapun sudah berpolitik. Negara ini harus dipimpin oleh para santri supaya yang digunakan adalah Politik santri yang dimana salah satunya adalah menggunakan kekuasaan untuk menuntaskan Amanah Rakyat dan untuk jalur dakwah. Kedzoliman yang tidak dilenyapkan Al-Qur’an, maka akan Allah lenyapkan melalui tangan Kekuasaan, itulah aura yang diharapkan dan lagi-lagi saya berharap alumni Daar El-Qolam mampu menjadi pemimpin yang di Ridhoi Allah SWT”.

Selesai penyampaian pemateri kedua maka langsung diadakan sesi penyerahan pelakat dan Sesi Foto Bersama untuk pimpinan Daar El-Qolam, Presidium IKAS Pusat dan Para Pemateri, dan selepas rangkaian kegiatan selesai dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan Bersama seluruh Alumni Daar El-Qolam yang hadir di acara tersebut.(*)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *