Prosesi Labuh Laut Sembonyo Pantai Popoh, Kasdim Dampingi Bupati Tulungagung

  • Whatsapp
banner 468x60

 

WANMEDIA.CO.ID, Tulungagung – Kepala Staf Kodim 0807/Tulungagung Mayor Inf Muji Wahono mendampingi Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M mengikuti prosesi Labuh Laut Sembonyo di Pantai Popoh Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, Rabu (02/09/2020).

Kegiatan Labuh Laut Semboyo ini merupakan rasa ungkapan syukur pada Tuhan YME, atas melimpahnya hasil laut, ratusan Nelayan di Pelabuhan Teluk Popoh. Tradisi ini dilakukan secara turun temurun dan dijaga hingga sekarang.

Nelayan warga sekitar, sangat mempercayai bahwa, labuh laut sembonyo ini memiliki nilai kesakralan yang tak dapat dianggap remeh. Penting sekali. Karena tradisi ini selain sebagai bentuk wujud syukur pada Tuhan YME, sekaligus memiliki hubungan mistis dengan penguasa Kerajaan Laut Selatan.

Kasdim memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan Labuh Laut Sembonyo dalam mewujudkan rasa syukur. Kearifan lokal seperti ini patut dilestarikan untuk terus menjaga kasanah budaya dari nenek moyang. Namun, rasa syukur tidak boleh hanya terbatas pada seremonial Larung Sembonyo ini saja. Kelestarian ekosistem laut maupun alam penyangganya harus terus dijaga agar tidak tercemar.

“Tradisi Labuh Laut Sembonyo wujud syukur para nelayan ini harus terus dijaga agar budaya dari nenek moyang tersebut tetap ada. Namun kita juga harus tetap menjaga ekosistem laut agar tidak tercemar.” ungkap Kasdim. (April)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *