Team RPJMD Desa Gunung Sari Resmi di Bentuk

  • Whatsapp
banner 468x60

Wanmedia.co.id, Kab. Tangerang-Badan Permusyawaratan Desa Gunung sari Kecamatan Mauk, BPD Membentuk Team Penyusun RPJMDes Pada sabtu (12/01/20).

Adapun yang Turut Hadir : Kalabi selaku Kades Gunung Sari, A. Johana (Binamas), Busro (Ketua BPD) dan Aparatur Pemerintah Setempat.

Busro selaku Ketua BPD mengatakan, “sebelum menginjak 3 bulan terpilih,Tugas saya sudah selesai menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau RPJMDes. Karena ini termasuk dalam Pasal 79 UU No. 6 Tentang Desa Tahun 2014”.

Dia menambahkan, Rencana Pembangunan jangka 6 tahun, sesuai Tentang kekuasaan seorang kepala desa untuk sekali masa kekuasaan. Selain RPJMDes, Pemerintahan Desa juga harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan yang berlaku untuk satu tahun.

Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Setidaknya ada tujuh langkah yang harus dipenuhi dalam menyusun RPJMDes yaitu dalam Surat Keputusan Desa terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua LPMD, serta anggotanya LPMD, KPMD dan Perwakilan dari masyarakat,” ujarnya.

Penyusunan perencanaan pembangunan desa melalui Musyawarah ulang dokumen RPJMDes adalah Penyusunan Rancangan RKP Penyusunan RKP desa melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Penetapan RKP dan Perubahan RKP Pengajuan daftar usulan RKP.

Sementara ini tugas Kepala Desa harus menyusun RPJMDes dan RKP. Penyusunan dua materi ini adalah landasan yang akan menjadi pedoman pembangunan desa menuju cita-cita warga di bawah kepemimpinan kepala desa,” Pungkasnya.(Dusman)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *