Aktivis Wacanakan Program Sampah Kelola Sampah

  • Whatsapp
banner 468x60

wanmedia.co.id, KOTA TANGERANG-Anak – anak jalanan yang seringkali dinilai meresahkan dan seringkali dianggap sampah oleh sebagian masyarakat kota Tangerang , rencananya akan diberdayakan oleh aktivis lingkungan untuk menciptakan kota tangerang yang bersih dari sampah.

Selain diklaim dapat menjadikan kota tangerang bersih dari sampah, upaya tersebut juga diharapkan dapat menekan jumlah keberadaan anak – anak jalanan tanpa mengurangi eksistensi keberadaan para anak jalanan tersebut.

Oktian Jaya Wiguna, direktur Benua Hijau menuturkan, dengan program sampah kelola sampah juga diharapkan dapat memunculkan ikon sekaligus penggiat yang peduli terhadap kebersihan disekitar lingkungan tempat tinggalnya, sehingga keberadaan para anak anak jalanan yang sering kali dipandang sebelah mata diharapkan dapat menjadi suatu harapan dan lebih berharga dimata masyarakat.

“kita butuh pahlawan lingkungan untuk dapat merubah pola masyarakat yang tadinya kurang peduli menjadi lebih peka terhadap pengelolaan sampah ditengah krisis kepedulian masyarakat terhadap sampah,”kata Oktian kepada wartawan disalahsatu tempat pembuangan sampah sementara dibilangan kecamatan karawaci kota tangerang selasa (19/11) kemarin.

Ia menilai dengan menggerakan dan memberdayakan anak jalanan juga diharapkan dapat menjadi panggung bagi eksistensi para anak anak jalanan yang seringkali mendapatkan stigma negatif dan terkadang kurang dapat diterima dilingkungan masyarakat.

“Yang membuat mereka turun kejalan karna mereka kurang mendapatkan tempat untuk mereka berkarya, untuk itu dalam waktu dekat kami akan berkomunikasi dan mencarikan jalan keluar bagi anak anak jalanan itu untuk dapat lebih eksis dalam menyelamatkan lingkungan,”tutur aktivis kota tangerang yang seringkali mendapatkan penghargaan ditingkat nasional tersebut.

Kegiatan program sampah kelola sampah nantinya akan menitik beratkan agar para anak jalanan dapat lebih berkontribusi dengan memilah dan memilih sampah, sehingga sampah yang nantinya dibuang ketempat pembuangan sampah adalah sampah yang benar benar sampah.

“Persoalannya adalah masyarakat kurang berminat untuk memilah sampah sebelum mereka membuangnya, padahal terdapat banyak nilai ekonomis yang dihasilkan dari memilah tentunya dalam program sampah kelola sampah kita akan melakukan pendampingan dan bimbingan menyeluruh kepada para para anak anak jalanan yang nantinya direkurt,”ujarnya.

Selain memilah dan memilih sampah, rencananya para anak anak jalanan nantinya juga akan diajarkan tata kelola sistem daur ulang mulai dari pembuatan pupuk, pengolahan sampah plastik dan berbagai pemanfaatakan dan menciptkan sesuatu yang bernilai ekonomis yang nantinya dapat dijadikan modal dari berbagai kegiatan kewilayahan.

“Mereka dapat lebih mandiri dalam menciptkan sesuatu yang bernilai dan diharapkan mereka dapat lebih mandiri,”tuturnya.( Udin )

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *