Puskesmas Tigaraksa Berikan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil lewat Gerai KIA di Perum Sudirman Indah

  • Whatsapp
banner 468x60

WANMEDIA.CO.ID, TIGARAKSA –Puskesmas Tigaraksa gelar kegiatan Gerai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di wilayah RW 06 Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Sabtu (29/5/2021).

Kepala Puskesmas Tigaraksa Kabupaten Tangerang drg. Eko Hartati MARS
Menjelaskan Program Kesehatan Ibu dan anak (KIA) bertujuan tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, bagi ibu dan keluarganya untuk menuju Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Selain itu, meningkatnya derajat kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang optimal yang
yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya.

” tujuan khusus pelayanan KIA adalah : untuk meningkatnya kemampuan ibu (pengetahuan , sikap dan perilaku), dan upaya pembinaan kesehatan balita dan anak prasekolah secara mandiri di dalam lingkungan keluarga, dan eningkatnya mutu pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, nifas, ibu meneteki, bayi dan anak balita,” ujar drg.Eko.

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak seperti
Pelayanan antenatal, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu selama masa kehamilannya sesuai dengan standar pelayanan antenatal.

Standar minimal “5 T “ untuk pelayanan antenatal terdiri dari : Timbang berat badan dan ukur tinggi badan, Ukur Tekanan darah, Pemberian Imunisasi TT lengkap, Ukur Tinggi fundus uteri dan Pemberian Tablet zat besi minimal 90 tablet selama kehamilan.

Frekuensi pelayanan antenatal adalah minimal 4 kali selama kehamilan dengan ketentuan waktu minimal 1 kali pada triwulan pertama, minimal 1 kali pada triwulan kedua, dan minimal 2 kali pada triwulan ketiga.

Ia lanjutkan, jafwak program gerai KIA di RW 06 Perum Sudirman Indah ini hanya dua kali dalam satu bulan yaitu minggu pertama dan minggu terakhir setiap bulan, lokasi gerai di depan Alfamart Blok A RT 08/06 Sudirman Indah.

Ketua RW 06 Kel Tigaraksa Abdul Munir H Syarif Mansyur menambahkan program KIA ini sangat bagus yang dilakukan Puskesmas Tigaraksa di wilayahnya, terutama sangat membantu ibu hamil dan balita untuk pengecekan kesehatan.

“Program KIA ini sangat membantu warga kami, karena lokasi sangat dekat dan tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas. Saya mengajak kepada warga Sudirman Indah khususnya ibu hamil untuk berkunjung ke gerai KIA di Blok A, jadwal minggu pertama dan minggu terakhir setiap bulan,” ucap Munir kelahiran Dompu, NTB ini. (Udin) 

(Diskominfo Kabupaten Tangerang) 

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *