Tidak ada Drainase, Jalan Raya Dr Sutomo – HOS Cokro Aminoto Tergenang Air

  • Whatsapp
banner 468x60

Wanmedia.co.id, Kota Tangerang-Jika hujan deras, beberapa ruas bahu jalan raya Dr. Sutomo acap kali digenangi air. Tidak adanya saluran air alias drainase di sisi jalan ditengarai menjadi biang penyebabnya.

Seperti yang terlihat di wilayah Kelurahan Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Pasca diguyur hujan deras, genangan air tampak menghiasi ruas jalan raya Dr. Sutomo. Kondisi ini membuat pengendara terutama pengemudi sepeda motor kelabakan. Mereka mesti angkat kaki agar tak kotor kecipratan air. Laju kendaraan harus pelan-pelan, khawatir terperosok.

Selain pengguna jalan, banjir genangan air juga merugikan warga yang membuka usaha di pinggir jalan. Pasalnya, konsumen tidak bisa mampir lantaran akses jalan masuk terendam air.

Nurhasan Ketua RW 09, Kelurahan Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah mengatakan, seringnya terjadi genangan air di jalan raya Dr. Sutomo yang menghubungkan antara jalan HOS Cokro Aminoto, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang dengan jalan Joglo Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, karena tidak adanya drainase di sepanjang jalan tersebut. Padahal pembuatan drainase sangat penting agar kondisi jalan tidak cepat rusak akibat terendam air.

“Jalan raya yang tergenang jika turun hujan mencakup wilayah RT01/009 dan RT01/005 Kelurahan Karang Timur di sepanjang jalan Dr. Sutomo tidak ada drainase dengan panjang jalan 950 meter,” kata Nurhasan.

Nurhasan menambahkan, tampak di sepanjang jalan raya Dr. Sutomo menuju HOS Cokro Aminoto keadaannya cekung yang tidak dilengkapi dengan saluran drainase.

“Dengan kondisi jalan yang sering tergenang air dan banjir ini, kita sudah laporkan kepihak kelurahan, kecamatan maupun pemda kota tangerang. Bahkan pihak dinas PUPR juga sudah surfei lokasi dan membahasnya untuk pembangunan drainase, tapi saat ini tidak ada pembangunan drainase. Saya berharap agar pemda kota tangerang segera melakukan pembangunan drainase di jalan Dr. Sutomo, mengingat sekarang ini sudah ada tanda-tanda memasuki musim penghujan,” harap Nurhasan.

Abdul Gani, Lurah Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah saat ditemui wanmedia.co.id diruang kerjanya mengatakan terkait jalan raya Dr. Sutomo yang banjir saat hujan, sudah saya laporkan dan mengajukan ke dinas PUPR untuk pembangunan drainase. Dan tim PUPR juga sudah surfei lokasi yang selalu banjir saat turun hujan.

“Tim PUPR juga sudah melakukan pengukuran lokasi jalan tersebut. Mungkin belum di bangunnya drainase saat ini karena anggarannya di fokuskan kepada pandemi covid 19,” kata Abdul Gani.

Sementara Lukman, Kasi Ekbang Kelurahan Karang Timur, mengakui, banjir di jalan raya Dr. Sutomo di sebabkan belum adanya drainase di kiri kanan jalan sepanjang 950 meter dan adanya cekungan sehingga jalan tidak rata sehingga air sering tergenang di jalan itu, ucap Lukman.

“Mengenai jalan yang sering tergenang air jika turun hujan, sudah di ajukan ke dinas PUPR kota tangerang. Karena jalan itu merupakan kewenangan Kota tangerang dan pihak PUPR juga sudah turun kelokasi dan kata dinas PUPR tinggal tunggu pelaksanaan proyek pekerjaan,” pungkas Lukman. (Udin)

banner 468x60

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *